SENAM KESEHATAN JANTUNG UNTUK LANSIA - DESA MENDIS

pkk desa mendis melalui kader kesehatan melaksanakan kegiatan rutin senam kesahatan jantung untuk lansia bertempat di balai desa mendis. Senam di pimpin langsung oleh ketua tim penggerak pkk Desa Mendis Ibu Ida Sriyani.

Seiring dengan bertambahnya usia, manusia akan mengalami penurunan derajat kebugaran jasmani. Penurunan derajat kebugaran jasmani pada usia lanjut sekitar 30-50% . Penurunan derajat kebugaran jasmani pada lansia disebabkan penurunan fungsi organ tubuh.

Penurunan derajat kebudayaan jasmani juga disebabkan karena penurunan fungsi organ tubuh. Upaya untuk meningkatkan kebugaran jasmani lansia diperlukan aktivitas fisik/olahraga yang aman dan tepat bagi lansia. Agar olahraga yang dilakukan lansia dapat meningkatkan kebugaran jasmani lansia. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan adalah Senam Jantung Sehat bagi lansia (lanjut usia).

Untuk memelihara kesehatan jantung, salah satu yang dapat dilakukan adalah melakukan senam jantung sehat. Senam jantung sehat dapat dilakukan secara rutin. Manfaat senam jantung sehat untuk jantung, antara lain :

1.Memperbaiki denyut nadi
Salah satu manfaat senam jantung sehat adalah memperbaiki denyut nadi. Salah satu komponen yang amat penting untuk menunjukkan kesehatan jantung adalah denyut nadi. Untuk itu, senam jantung juga ditujukan untuk memperbaiki denyut nadi. Sehingga kesehatan jantung pun terjaga.

2.Melancarkan aliran darah
Fungsi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung karena dapat mencegah terjadinya penyakit stroke, jantung koroner, dan penyakit jantung lainnya. Selain itu, juga bisa membantu mengurangi penyumbatan pembuluh darah yang diakibatkan oleh timbunan lemak dan kolesterol karena gaya hidup yang tidak sehat.

3.Metabolisme berjalan baik
Dapat memperbaiki metabolisme dalam tubuh, sehingga dapar berjalan dengan baik. Bagi lansia yang ingin menghindari penyakit jantung sejak dini, sebaiknya melakukan olah raga secara rutin dan teratur. Upaya untuk meningkatkan kebugaran jasmani lansia diperlukan aktivitas fisik/olahraga yang aman dan tepat bagi lansia.